Apa itu Quarter - Q1 Q2 Q3 Q4 Forex Indonesia

Apa itu Quarter – Q1, Q2, Q3, Q4 ?


Apa itu Quarter – Q1, Q2, Q3, Q4 ?. Quarter adalah periode tiga bulan pada kalender keuangan perusahaan yang bertindak sebagai dasar untuk laporan keuangan berkala dan pembayaran dividen. Seperempat mengacu pada seperempat tahun dan biasanya dinyatakan sebagai “Q1” untuk kuartal pertama, “Q2” untuk kuartal kedua, dan sebagainya.


Sebagian besar pelaporan keuangan dan pembayaran dividen dilakukan setiap triwulan. Tidak semua perusahaan akan memiliki kuartal fiskal yang sesuai dengan kuartal kalender dan itu umum bagi perusahaan untuk menutup kuartal keempat mereka setelah waktu tersibuk mereka tahun. Dividen juga sering dibayarkan setiap triwulan meskipun perusahaan di luar AS dapat melakukannya dengan sangat tidak merata.


Quarter kalender standar yang membentuk tahun adalah sebagai berikut:


Januari, Februari, dan Maret (Q1)


April, Mei, dan Juni (Q2)


Juli, Agustus, dan September (Q3)


Oktober, November, dan Desember (Q4)


Quarter sering ditunjukkan dengan tahun yang relevan, seperti pada Q1 2022 atau Q1 / 18, yang mewakili kuartal pertama tahun 2022.


Quarter adalah periode tiga bulan pada kalender keuangan perusahaan yang bertindak sebagai dasar untuk laporan keuangan berkala dan pembayaran dividen. Quarter mengacu pada seperempat tahun dan biasanya dinyatakan sebagai “Q1” untuk kuartal pertama, “Q2” untuk kuartal kedua, dan sebagainya. Laporan triwulanan adalah informasi penting bagi investor dan analis.


Pentingnya Tempat Fiskal.


Perusahaan memiliki dua periode akuntansi atau pelaporan keuangan utama: kuartal fiskal dan tahun fiskal (TA). Tahun fiskal untuk sebagian besar perusahaan berlangsung dari 1 Januari hingga 31 Desember, dengan kuartal fiskal yang dimulai pada 1 Januari, 1 April, 1 Juli, dan 1 Oktober.


Beberapa perusahaan memiliki tahun fiskal yang mengikuti tanggal yang berbeda. Tahun fiskal Costco Wholesale Corporation dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Agustus berikutnya. Untuk 2014, empat kuartal Costco dimulai pada 2 September 2013, 29 November 2013, 17 Februari 2014, dan 12 Mei 2014.


Perempat fiskal untuk sebuah perusahaan akan bertepatan dengan tahun fiskal mereka (TA).


Perusahaan, investor, dan analis menggunakan data dari berbagai tempat untuk membuat perbandingan dan mengevaluasi tren. Misalnya, laporan triwulanan perusahaan biasa dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun sebelumnya. Banyak perusahaan musiman yang membuat perbandingan kuartal berurutan menyesatkan.


Perusahaan ritel dapat memperoleh setengah laba tahunan mereka di kuartal keempat sementara perusahaan konstruksi melakukan sebagian besar bisnisnya di tiga kuartal pertama. Dalam situasi ini, membandingkan hasil kuartal pertama untuk department store dengan kinerja mereka selama kuartal keempat akan menunjukkan penurunan penjualan yang mengkhawatirkan.


Mengevaluasi perusahaan musiman selama kuartal yang lambat dapat mencerahkan. Masuk akal untuk mengasumsikan bahwa jika penjualan dan laba tumbuh di luar kuartal, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun-tahun sebelumnya, kekuatan intrinsik perusahaan juga meningkat. Misalnya, dealer mobil biasanya mengalami kuartal pertama yang lambat dan jarang melakukan program penjualan insentif pada bulan Februari dan Maret. Jadi, jika dealer mobil melihat peningkatan yang signifikan dalam penjualan di kuartal pertama, tahun ini dibandingkan dengan yang lalu, itu mungkin mengindikasikan potensi penjualan yang sangat kuat di kuartal kedua dan ketiga juga.


Laporan Triwulan.


Laporan triwulanan penting untuk perusahaan publik dan investornya. Setiap rilis memiliki potensi untuk secara signifikan mempengaruhi nilai saham perusahaan. Jika perusahaan memiliki kuartal yang baik, nilai sahamnya dapat meningkat. Jika perusahaan memiliki kuartal yang buruk, nilai sahamnya bisa turun secara dramatis.


Semua perusahaan publik di Amerika Serikat harus mengajukan laporan triwulanan, yang dikenal sebagai 10-Qs, dengan Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) di akhir tiga kuartal fiskal pertama mereka. Setiap 10-Q mencakup laporan keuangan dan informasi operasi yang tidak diaudit untuk tiga bulan sebelumnya (kuartal). Perusahaan publik juga harus mengajukan laporan tahunan, yang dikenal sebagai 10-K, yang merangkum tiga kuartal pertama dan laporan pada kuartal keempat. Laporan tahunan akan sering mencakup informasi yang lebih rinci daripada laporan triwulanan termasuk pernyataan audit, presentasi, dan pengungkapan tambahan.


Laporan pendapatan triwulanan sering mencakup “pedoman” berwawasan ke depan untuk apa yang diharapkan manajemen dari beberapa kuartal mendatang atau hingga akhir tahun. Perkiraan ini digunakan oleh analis dan investor untuk mengembangkan harapan mereka untuk kinerja selama beberapa kuartal berikutnya. Estimasi dan panduan yang diberikan oleh analis dan manajemen dapat memiliki dampak besar pada sebuah saham setiap tiga bulan. Jika manajemen mengeluarkan panduan untuk kuartal berikutnya yang lebih buruk dari yang diharapkan, harga saham akan turun. Demikian pula, jika manajemen mengeluarkan panduan — atau seorang analis meningkatkan perkiraan independennya — saham dapat naik secara signifikan.


Keterbatasan Laporan Triwulanan.


Beberapa eksekutif perusahaan publik mempertanyakan pentingnya sistem pelaporan triwulanan. Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway (BRK), dan Jamie Dimon, CEO JP Morgan Chase (JPM) sama-sama mengkritik, dengan mengatakan bahwa hal itu memberi terlalu banyak tekanan pada perusahaan dan eksekutif untuk memberikan hasil jangka pendek untuk menyenangkan para analis. dan investor sebagai lawan untuk fokus pada kepentingan jangka panjang bisnis.


Setelah berdiskusi dengan mantan CEO PepsiCo, Indra Nooyi, pada 17 Agustus 2022, Presiden Trump bergabung dengan oposisi dengan mengatakan dia telah berbicara dengan para pemimpin bisnis yang percaya mereka akan menciptakan lebih banyak pekerjaan dan meningkatkan bisnis mereka jika mereka pindah dari sistem pelaporan triwulanan ke sebuah satu setengah tahunan. Presiden meminta SEC untuk mempelajari masalahnya.


Dividen Kuartalan.


Di A.S., sebagian besar perusahaan yang membayar dividen akan membagikannya kurang lebih secara merata selama empat kuartal. Sebagai contoh, Microsoft (MSFT) membayar dividen tahunan $ 1,47 per saham pada tahun 2022 tetapi membaginya menjadi $ 0,36 pada kuartal pertama, kedua, dan ketiga dan $ 0,39 pada kuartal keempat.


Di banyak ekonomi di luar AS, adalah umum untuk membagi dividen tahunan menjadi pembayaran triwulanan dengan salah satu pembayaran menjadi jauh lebih besar daripada yang lain. Juga lazim menemukan perusahaan di luar AS yang hanya membayar satu dividen per tahun. Misalnya, SAP SE (SAP) membayar dividen $ 1,188 pada Mei 2022 dan $ 0,98 pada Mei 2022.


Pembayaran dividen triwulanan dapat membuat beberapa volatilitas dalam suatu saham ketika tanggal ex-date tiba. Beberapa analis telah memperhatikan bahwa investor dapat menyeimbangkan kembali atau menjual saham mereka pada tanggal-ex atau segera setelah ketika tingkat pertumbuhan dividen tampaknya melambat atau ada perubahan lain di pasar yang membuat dividen kurang menarik.


Quarter Non-Standar.


Untuk berbagai alasan, beberapa perusahaan publik akan menggunakan sistem pelaporan triwulanan non-standar atau non-kalender. Misalnya, kuartal pertama Walmart adalah Februari, Maret, dan April; Kuartal 1 Apple Inc adalah Oktober, November, dan Desember; Q1 Microsoft Corporation adalah Juli, Agustus, dan September. Selain itu, pemerintah tertentu menggunakan sistem kuartal yang berbeda. Kuartal pertama tahun fiskal pemerintah federal Amerika Serikat adalah Oktober, November, dan Desember, Q2 adalah Januari, Februari, dan Maret, Q3 adalah April, Mei, dan Juni, dan Q4 adalah Juli, Agustus, dan September. Pemerintah negara bagian juga dapat memiliki kalender fiskal mereka sendiri.


Kadang-kadang perusahaan dapat memiliki tahun fiskal yang tidak standar untuk membantu perencanaan bisnis atau pajak. Internal Revenue Service (IRS) memungkinkan perusahaan untuk memilih “tahun pajak” yang masih 52-53 minggu tetapi tidak berakhir pada bulan Desember. Blok H&R (HRB) mengakhiri tahun fiskal pada 30 April, yang masuk akal karena itu adalah akhir dari bagian tersibuk tahun perusahaan. Melepaskan laporan tahunan Anda, yang mungkin disertai dengan pertemuan pemegang saham dan pengungkapan tambahan setelah bagian tersibuk dari tahun Anda akan membantu manajer dan pemegang saham membuat keputusan yang lebih baik tentang tahun yang akan datang.


Perusahaan yang mengandalkan kontrak pemerintah AS dapat menggunakan September sebagai akhir tahun fiskal mereka, dan kuartal keempat karena pada saat itulah mereka mengharapkan proyek-proyek baru akan ditutup dan perencanaan anggaran dari pemerintah akan tersedia. Secara historis, perusahaan teknologi besar memiliki kuartal yang lebih kuat di awal tahun, itulah sebabnya banyak dari mereka (termasuk Microsoft (MSFT)) memiliki tahun fiskal yang ditutup pada akhir Juni.


Beberapa perusahaan memiliki sistem triwulanan yang sangat tidak biasa. Adobe (ADBE) menutup tahun fiskal mereka pada hari Jumat terdekat dengan 30 November. Pada 2022, 30 November adalah hari Jumat, serta hari terakhir bulan itu tetapi pada 2022, ADBE menutup kuartal keempat dan tahun fiskal pada hari Jumat, 1 Desember, karena itu adalah hari Jumat yang paling dekat dengan tanggal 30 November.


Mengejar 4 Perempat.


Perusahaan melaporkan ringkasan laporan tahunan mereka sekali setahun, sehingga informasinya dapat menjadi usang dan ketinggalan zaman di antara siklus pelaporan tahunan. Salah satu pendekatan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan analisis trailing four quarter atau trailing 12 months (TTM).


Bayangkan sebuah perusahaan yang melaporkan data tahunan mereka untuk 2022, termasuk kuartal keempat, pada Januari 2022. Pada pertengahan kuartal keempat 2022, data tahunan untuk 2022 dapat diperkirakan dengan merangkum empat kuartal terakhir. Dalam hal ini, asumsikan bahwa hasil kuartal ketiga 2022 perusahaan tersedia. Seorang analis akan secara manual menggabungkan data triwulanan dari tiga kuartal pertama tahun 2022 dengan kuartal terakhir 2022 untuk membuat estimasi pendapatan perusahaan, dan tren pendapatan.


Analisis ini akan tumpang tindih beberapa data yang digunakan dalam laporan tahunan terakhir, tetapi masih akan memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana 2022 akan terlihat pada akhir tahun. Jika tiga kuartal pertama tahun 2022 buruk dibandingkan dengan tiga kuartal pertama tahun 2022, analisis trailing-empat kuartal akan menunjukkan bahwa kinerja yang diharapkan lebih rendah pada tahun 2022.